Mesin mati mendadak

     Berdasar pada pengalaman sehari-hari di bengkel tempat kerja​ saya, sering menemukan kerusakan pada motor pelanggan saya yang mengeluhkan mesin motornya mati secara tiba-tiba.
  Bahkan kendaraan tersebut sedang berjalan, saya kira kejadian tersebut memang kadang-kadang membuat kita panik, tapi pada kali ini saya akan share tentang cara mengatasi mesin sepeda motor yang mati secara tiba tiba.
   Langkah awal yang harus kita periksa adalah
1 . Kelistrikan
  Untuk hal ini kita setidaknya dapat mengetahui bahwa motor kita mati mendadak karena​ ke sistem kelistrikannya​ apa disebabkan hal lainnya, sekarang kita coba dengan memutar kunci kontak ke arah ON.
   Selanjutnya coba periksa dengan menyalakan lampu sein kanan atau kiri, atau bisa juga dengan membunyikan klakson, jika lampu sein menyala dan klakson berbunyi nyaring, ada kemungkinan kerusakan bukan pada bagian ini.
  Tetapi jika lampu sein tidak menyala dan klakson tidak berbunyi, berarti kerusakan perlu kita cermati pada bagian ini dulu.
   Langsung saja kita periksa SEKRING, atau fuse,
 

Pada umumnya sepeda motor hanya menggunakan satu buah sekring, di sekring inilah arus listrik pada aki akan di amankan jika ada hubungan singkat( konsleting) pada sistem kelistrikan sepeda motor.
  Sekring akan putus jika : 
a. Terjadi hubung singkat( konsleting ) pada salah satu kabel body.
b. Arus pengisian ke aki terlalu besar, dan kerusakan pada regulator/ kiprok juga bisa menyebabkan sekring putus.
  
   Jika sekring putus, kita bisa menggantinya dengan yang baru, atau jika tidak mendapatkanya , bisa kita jumper menggunakan kawat kabel serabut, ambil 2 lembar kawatnya yang terbuat dari tembaga, kemudian kita lilitkan ke sekring yang putus tadi. Solusi tersebut tidak saya anjurkan, tapi bisa dipakai jika kita sedang jauh dari toko atau bengkel.   
   Setelah sekring beres, coba motor di hidupkan dengan memutar kunci kontak posisi on, selanjutnya di starter. 
Jika langsung hidup berarti kerusakan hanya pada sekringnya saja. Tapi jika tidak hidup juga ada kemungkinan  bagian lain harus di periksa, 
  Analisa diatas tidak berlaku untuk motor honda matic yang starter pakai ACG/ Starter alus, 
  Karena pada motor tersebut menggunakan banyak sekring dan kita harus mengetahui masing masing fungsinya.

  Kemudian untuk kasus lain mungkin kita akan menjumpai kondisi sekring tidak putus, sebab lampu indikator, baik sein, maupun klakson berbunyi nyaring.
  Dalam hal ini coba periksa businya, biasanya busi mati juga bisa menyebabkan mesin mati secara tiba-tiba, 
Untuk mengetahui busi mati atau masih hidup adalah dengan cara melepas busi dari silinder head/ lepas dulu dari posisinya di mesin menggunakan kunci busi, biasanya setiap pabrikan memberikan kelengkapan kunci busi serta obeng untuk melepas dan memasang kembali busi pada mesin sepeda motor.
  Setelah busi di lepas, kemudian pasangkan kembali busi pada kepala busi


  Dengan cara menempelkan badan busi, yang terbuat dari besi , terus engkol motor, starter saja sambil dilihat  ujung busi, jika :
a. Keluar api tapi menyala terang kaya percikan korek , berarti busi mati.
b. Tidak ada api sama sekali, berarti mati.
c. Keluar api tapi kecil, berwarna biru , berarti busi dalam keadaan baik.

    Sekarang jika busi dalam keadaan  a, dan b, sebaiknya ganti saja dengan yang baru. Tapi jika busi dalam keadaan c, kembalikan lagi busi pada posisinya di mesin
   Berarti kerusakan bukan pada kelistrikannya, lantas apa ada penyebab selain uraian diatas yang menyebabkan MESIN MATI MENDADAK.
   Jadi masih banyak kemungkinan2 lain yang patut di curigai menjadi penyebab mesin mati mendadak.
Untuk selanjutnya akan saya bahas kemungkinan besar bagian2 yang patut di periksa.
   

2. BAHAN BAKAR

    Dalam hal ini saya merujuk ke bahan bakar untuk analisa selanjutnya, bukannya tanpa sebab, namun oleh karena bahan bakar juga sering menjadi penyebab terjadinya mesin motor mati mendadak.
  Dalam berbagai kasus saya sering menjumpai pelanggan saya mendorong motor mereka ke bengkel saya karena mesinnya mati secara tiba-tiba, karena dilihatnya pada indikator bahan bakar(jarum bensin) menunjukkan bahan bakar masih ada.

 
Namun ternyata kesalahan ada pada penunjuk level bahan bakar pada indikatornya. Untuk memastikan bahan bakar masih ada atau sudah habis, sebaiknya kita cek dengan membuka tutup tangki bahan bakar.
  Coba lihat bensin langsung dari turup tangki, kalo memang habis berarti ini menjadi penyebab mesin motor mati mendadak.
  Namun jika masih ada walaupun sedikit,pasti ada bagian lain yang perlu diperiksa.Masih seputar bahan bakar,sekarang kita beralih ke keran tangki bahan bakar.
Pada kejadian seperti ini, untuk mesin motor yang masih pakai karbu, biasanya ada keran bensin, bisa jadi keran pada posisi menutup, sehingga membuat karburator tidak terisi bahan bakar hingga menyebabkan mesin mati mendadak.
 Oleh karena itu jika posisi keran seperti gambar di atas maka keran dalam keadaan menutup.Solusinya adalah dengan memutar keran pada posisi ON.
 Tunggu beberapa saat, selanjutnya coba hidupkan motor,jika udah hidup berarti keran bahan bakarlah yang menyebabkan mesin mati mendadak.
  Namun pada opsi ini tidak berlaku pada motor sistem injeksi,karena kita tidak akan menjumpai keran bensin.
  Jika motor anda jenis injeksi, Cara menganalisanya sedikit berbeda.
  Demikianlah sedikit petunjuk praktis jika sewaktu-waktu kita mengalami kejadian serupa saat berpergian, Dan semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Jika ada kesulitan tulis saja di sini atau kirim ke email widipurwoko@gmail.com

    BalasHapus
  2. Motor saya kalo (injak rem, klakson, sein) indikator nyala dan mesin mati, tp kalo dalam kurung tidak dilakukan mesin jalan normal. Tp keadaan sekarang lampu utama redup banget, klakson dan starter ga bisa, itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang . Sering begini dan dibwa ke bengkel abis 600 katanya ganti sepul , keprok CDI . Tapi kalo diperhatiin gak ada yg diganti

      Hapus
    2. Kalau pada kasus tertentu biasanya masalah ada pada kabel ground/ kutub min yang ke body kurang bagus koneksinya, coba cek dulu, kalau emang dalam keadaan bagus berarti ada bagian lain yang bermasalah, terimakasih sudah mampir ke blog kami.

      Hapus
  3. Motor saya mioj kalo di pasang lampu send kok lansung mati mesinya. Dan susah di hidupin mesti nunggu 15 menit baru bisa nyala kembali...apa nya yg rusak ya.

    BalasHapus
  4. Motor saya Scoopy karburator . Motor ke adaan mennyala dan saya nyalakan lampu dan sen dan kelakson . mesin tiba tiba mati . Itu kenapa ia.

    BalasHapus
  5. Moto Max Moto Sport Classic - Men's Titanium-Arts
    Moto Max Moto Sport Classic. titanium cross necklace 3 x 1.7 x 1.2 x 1.6 titanium bmx frame x 1.3 x 1.6 cm. 바카라 사이트 총판 The Moto Max Moto Sport Classic is an original motorcycle made in USA, titanium nitride bolt carrier group with the right $39.99 titanium fishing pliers · ‎In stock

    BalasHapus

Posting Komentar