Mesin mati mendadak 2
Pada kali ini saya akan melanjutkan analisa mesin motor yang mati mendadak karena sebab lain, tentunya anda sudah memeriksa bagian kelistrikan, dan dapat dipastikan tidak ada bagian kelistrikan yang bermasalah.
Sekarang kita periksa bagian mesin.Pada bagian mesin yang sering menjadi penyebab mesin mati mendadak, yang sebelumnya tidak ada tanda-tanda atau gejala yang meng indikasikan mesin akan mengalami kerusakan.
Bagian ini adalah KELEP, komponen ini yang tugasnya menutup ruang bakar agar kompresinya padat, ini justru mengalami kebocoran yang menyebabkan hilang kompresi.
Untuk memastikan kerusakan pada bagian ini adalah dengan menginjak engkolan sekuat tenaga,jika mesin masih ada kompresi, maka akan terasa keras, namun jika terasa enteng dan seakan tidak perlu tenaga untuk menggerakkan mesin, ini artinya memang mesin sepeda motor kita kehilangan kompresinya.
Ada cara lain untuk memastikan mesin kita kehilangan kompresi atau tidak, yaitu dengan membuka busi.
Tentu tunggu dingin dulu, pastikan arah memutar kunci busi tidak terbalik.Selanjutnya jika busi sudah terlepas, tutup lubang busi menggunakan jari telunjuk kita, kemudian ulangi langkah tadi, engkol dengan sekuat tenaga.
Jika memang ada kompresi maka jari kita tidak akan kuat menahan tekanan dari dalam piston, namu jika memang kompresinya hilang, maka jari kita dengan mudah menahan dorongan dari dalam ruang bakar.
Tapi perlu diketahui, ada banyak motor jaman sekarang di lengkapi alat yang bernama diskompresi, yang artinya penghilang tekanan.
Lho kok malah ada alat penghilang/ pembuang tekanan. Untuk alat tersebut tidak akan saya bahas sekarang. Namun perlu kita tahu, sebab jika kita meng engkol dengan pelan, alat ini bekerja membuang kompresi agar mesin mati, yang mana jika putaran mesin stasioner terlalu rendah,pompa oli mesin belum bekerja dengan maksimal yang bisa nenyebabkab keausan pada komponen mesin. Jadi untuk kita bisa mengetahui kompresi mesin kita hilang atau tidak kita harus menginjak tuas engkol dengan sekuat tenaga.
Nah sekarang jika memang mesin kehilangan kompresi, ada beberapa alternatif, yang pertama untuk sementara agar mesin bisa hidup lagi dan yang penting sampai dirumah.
Langkah nya adalah dengan memasukan oli bekas ke dalam lubang busi, kemudian lakukan kembali seperti langkah diatas, yaitu engkol sekuat tenaga dengan menutup lubang busi menggunakan jari telunjuk kita beberapa kali engkolan cukup.
Selanjutnya tutup kembali busi seperti gambar diatas, dan coba hidup kan mesin, brrrrruuummm.
Nah mesin sudah bisa hidup lagi, dan bisa pulang sampai dirumah. Tapi perlu di ingat, solusi diatas hanya sementara.
Yang sebenarnya mesin kita tetap mengalami kebocoran kompresi.dan solusi kedua yaitu langsung saja kebengkel dan minta untuk di sekir kelepnya
Langkah-langkah pencegahan agar mesin kita tidak mengalami kebocoran kompresi adalah :
1. Dengan rajin kita bersihkan filter udara, karena udara yang masuk kemesin dengan membawa debu yang halus dapat menyebabkan penumpukan kerak pada kelep.
2. Dengan menggunakan bahan bakar tanpa timbal.( tanya ke pom bensin )
Nah sekian dulu uraian singkat tentang mesin mati mendadak yang disebabkan oleh hilangnya kompresi pada mesin
Semoga pembahasan di atas bermanfaat buat kita semua.....
Sekarang kita periksa bagian mesin.Pada bagian mesin yang sering menjadi penyebab mesin mati mendadak, yang sebelumnya tidak ada tanda-tanda atau gejala yang meng indikasikan mesin akan mengalami kerusakan.
Bagian ini adalah KELEP, komponen ini yang tugasnya menutup ruang bakar agar kompresinya padat, ini justru mengalami kebocoran yang menyebabkan hilang kompresi.
Untuk memastikan kerusakan pada bagian ini adalah dengan menginjak engkolan sekuat tenaga,jika mesin masih ada kompresi, maka akan terasa keras, namun jika terasa enteng dan seakan tidak perlu tenaga untuk menggerakkan mesin, ini artinya memang mesin sepeda motor kita kehilangan kompresinya.
Ada cara lain untuk memastikan mesin kita kehilangan kompresi atau tidak, yaitu dengan membuka busi.
Tentu tunggu dingin dulu, pastikan arah memutar kunci busi tidak terbalik.Selanjutnya jika busi sudah terlepas, tutup lubang busi menggunakan jari telunjuk kita, kemudian ulangi langkah tadi, engkol dengan sekuat tenaga.
Jika memang ada kompresi maka jari kita tidak akan kuat menahan tekanan dari dalam piston, namu jika memang kompresinya hilang, maka jari kita dengan mudah menahan dorongan dari dalam ruang bakar.
Tapi perlu diketahui, ada banyak motor jaman sekarang di lengkapi alat yang bernama diskompresi, yang artinya penghilang tekanan.
Lho kok malah ada alat penghilang/ pembuang tekanan. Untuk alat tersebut tidak akan saya bahas sekarang. Namun perlu kita tahu, sebab jika kita meng engkol dengan pelan, alat ini bekerja membuang kompresi agar mesin mati, yang mana jika putaran mesin stasioner terlalu rendah,pompa oli mesin belum bekerja dengan maksimal yang bisa nenyebabkab keausan pada komponen mesin. Jadi untuk kita bisa mengetahui kompresi mesin kita hilang atau tidak kita harus menginjak tuas engkol dengan sekuat tenaga.
Nah sekarang jika memang mesin kehilangan kompresi, ada beberapa alternatif, yang pertama untuk sementara agar mesin bisa hidup lagi dan yang penting sampai dirumah.
Langkah nya adalah dengan memasukan oli bekas ke dalam lubang busi, kemudian lakukan kembali seperti langkah diatas, yaitu engkol sekuat tenaga dengan menutup lubang busi menggunakan jari telunjuk kita beberapa kali engkolan cukup.
Nah mesin sudah bisa hidup lagi, dan bisa pulang sampai dirumah. Tapi perlu di ingat, solusi diatas hanya sementara.
Yang sebenarnya mesin kita tetap mengalami kebocoran kompresi.dan solusi kedua yaitu langsung saja kebengkel dan minta untuk di sekir kelepnya
Langkah-langkah pencegahan agar mesin kita tidak mengalami kebocoran kompresi adalah :
1. Dengan rajin kita bersihkan filter udara, karena udara yang masuk kemesin dengan membawa debu yang halus dapat menyebabkan penumpukan kerak pada kelep.
2. Dengan menggunakan bahan bakar tanpa timbal.( tanya ke pom bensin )
Nah sekian dulu uraian singkat tentang mesin mati mendadak yang disebabkan oleh hilangnya kompresi pada mesin
Semoga pembahasan di atas bermanfaat buat kita semua.....
Komentar
Posting Komentar